NURHARIYANTI, NURHARIYANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP MINAT BACA SISWA DI KELAS III SD NEGERI SEWAR TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
ARTIKEL NURHARIYANTI.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI NURHARIYANTI.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Directed Reading Thingking Activity (DRTA) terhadap minat baca siswa Kelas III SD Negeri Sewar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pra- eksperimen dengan jenis one group pre test-post test design karena hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksprimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sewar yang berjumlah 17 orang siswa. Sampel diambil dengan menggunakan sampling jenuh yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan dengan mengambil semua populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Data Statistik Deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berpengaruh terhadap kemampuan minat baca siswa setelah diperoleh tHitung= 27,94 dan tTabel = 2,04 maka diperoleh tHitung > tTabel atau 27,94> 2,04. Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran, Directed Reading Thingking Activity (DRTA), minat baca
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zurriyatun Thayyibah |
Date Deposited: | 13 May 2024 03:22 |
Last Modified: | 13 May 2024 03:22 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5595 |
Actions (login required)
View Item |