Mohzana,, Mohzana (2023) Turnitin-Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman,Penguasaan Kosa Kata Dan Sikap Bahasa Dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Di Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (2).
Text (Turnitin)
30_Turnitin_Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman, Penguasaan Kosa Kata Dan Sikap Bahasa Dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Di Sekolah Dasar.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Mayoritas siswa memiliki kemampuan menulis di bawah rata-rata dan kurang mampu dalam aspek berbahasa seperti ejaan, tanda baca, pilihan kata, pengembangan kalimat, dan penggunaan kata yang efektif. Pemahaman membaca juga menjadi tantangan bagi sebagian siswa, sementara bahasa daerah masih mendominasi komunikasi sehari-hari mereka karena pengaruh lingkungan sekitar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan model korelasi. Hasil penelitian menunjukkan korelasi positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman, penguasaan kosakata, dan sikap bahasa dengan keterampilan menulis ringkasan (r=0,789, F=85,822, sumbangan=74,7%). Ini berarti semakin baik kemampuan membaca pemahaman, penguasaan kosakata, dan sikap bahasa, semakin baik pula keterampilan menulis ringkasan siswa. Hasil ini mengonfirmasi hipotesis penelitian yang diajukan bahwa ada hubungan positif antara variabel-variabel tersebut. Ini menggambarkan pentingnya meningkatkan pemahaman membaca, penguasaan kosakata, dan sikap bahasa dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis siswa. Kata-kata Kunci: hubungan, membaca pemahaman, penguasaan kosakata, sikap Bahasa, keterampilan menulis ringkasan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Manajemen Pendidikan > Tenaga Kependidikan |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mohzana Drs.Mohzana |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 05:57 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 05:57 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5615 |
Actions (login required)
View Item |