Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Kalkulus Integral Berbasis Model Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa

Edy Waluyo, Waluyo and Sri Supiyati, Supiyati and Muhammad Halqi, Halqi (2020) Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Kalkulus Integral Berbasis Model Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Elemen, 6 (2). pp. 357-366. ISSN 2442-4226

[img] Text (HASIL SIMILARITY)
7. Mengembangkan Perangkat Pembelajaran.pdf - Supplemental Material

Download (107kB)
Official URL: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran pada matakuliah Kalkulus Integral berupa desain instruksional atau pembelajaran pada konsep volume benda putar matakuliah Kalkulus Integral yang mempunyai efek potensial dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa berbasis model pengajuan dan pemecahan masalah. Penelitian menggunakan penelitian pengembangan model Borg and Gall dengan tahapan pengembangan desain pembelajaran mulai dari analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, implementasi dan evaluasi produk. Subyek penelitian sebanyak 34 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hamzanwadi yang memprogramkan matakuliah Kalkulus Integral yang terdiri dari 6 orang laki laki dan 28 orang wanita. Pengumpulan data menggunakan instrumen pedoman atau lembar validasi produk, angket kepraktisan produk dan posttest untuk mengukur kepraktisan dan efek potensial produk. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari hasil analisis data, desain instruksional yang disusun dan dirancang berbasis model pengajuan dan pemecahan masalah tergolong produk yang memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan keefektifan produk serta layak untuk diimplementasikan. Produk yang dikembangkan juga potensial dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan N�Gain sebesar 0,73. Kata kunci: berpikir kreatif, desain pembelajaran, pengajuan dan pemecahan masalah

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Sains > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sri Supiyati
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:59
Last Modified: 27 Jun 2024 02:59
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5665

Actions (login required)

View Item View Item