PENGEMBANGAN DESAIN INSTRUKSIONAL MODEL INQUIRY LEARNING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Edy Waluyo, Waluyo and Nuraini, Nuraini PENGEMBANGAN DESAIN INSTRUKSIONAL MODEL INQUIRY LEARNING TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 3 (1). ISSN 2655-8750

[img] Text (Jurnal)
11. PENGEMBANGAN DESAIN INSTRUKSIONAL MODEL INQUIRY LEARNING.pdf - Supplemental Material

Download (785kB)
Official URL: http://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/jpm

Abstract

Menghadapi perkembangan teknologi pada pembelajaran abad 21 saat ini, guru dituntut untuk memiliki pengetahuan yang mampu mengintegrasikan teknologi, pengetahuan pedagogi dan konten dalam pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Melalui pemecahan masalah siswa dituntut berpikir secara sistematis, kritis, logis, serta memiliki sikap pantang menyerah untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran matematika dengan menggunakan model inquiry learning terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall yakni suatu proses sistematis yang dilakukan dalam mengembangkan suatu produk pendidikan dan mengacu pada pengembangan desain pembelajaran meliputi analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, implementasi dan evaluasi produk. Penelitian dikenakan pada 60 siswa Madrasah Tsanawiyah Muallimat NW Pancor kelas VII A dan VII D. Pengumpulan data menggunakan instrumen pedoman atau lembar validasi produk, angket kepraktisan produk dan tes hasil belajar untuk mengukur kepraktisan dan efek potensial produk yang dikembangkan. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari hasil analisis data, desain instruksional yang dikembangkan tergolong produk yang valid dengan rata rata 152,67, praktis dengan rata rata skor kepraktisan 83, efektif dengan prosentase kepraktisan 91,67% sehingga layak untuk diimplementasikan. Produk yang dikembangkan juga potensial dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan N-Gain sebesar 0,75. Kata Kunci: Desain Instruksional, Inquiry, TPACK, Pemecahan Masalah Kata Kunci: Desain Pembelajaran, TPACK, Pemecahan Masalah

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Depositing User: Nuraini Nuraini Dr. Nuraini, M.Pd
Date Deposited: 27 Jun 2024 05:50
Last Modified: 27 Jun 2024 05:50
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5723

Actions (login required)

View Item View Item