Muh Fahrurrozi, Fahrurrozi and Doni Septu Marsa Ibrahim, Doni and Aswasulasikin, Aswasulasikin and Tasmarul Hizbi, Hizbi (2020) PENINGKATAN PENGUASAAN GURU DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI DIKLAT KTI. Jurnal Dimaswadi, 1 (1).
Text (Jurnal)
20. Peningkatan Penguasaan Guru (PKM).pdf - Supplemental Material Download (177kB) |
Abstract
Tujuan pengabdian pada masyarakat 1. memberikan pengalaman bagi guru dan kepala sekolah dalam menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI); 2. memberikan pengalan bagi guru dan kepala sekolah atau peserta Diklat Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam mempersentasikan hasil penelitianya; 3. menciptakan pembelajaran yang bermutu; 4. terlaksananya penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian tindakan Sekolah; 5. memberikan pengelaman bagi guru dan kepala sekolah atau peserta Diklat dalam menyusun artikel dan mampu mempublikasikan dalam jurnal ilmiah. Metodologi Terdapat delapan puluh peserta diklat Karya Tulis Ilmiah (KTI) Kabupaten Lombok Timur sebagai berikut. Jumlah Pendamping Karya Tulis Ilmiah (KTI) berjumlah 4 orang memiliki pengalaman dibiang penelitian Nasional maupun International. Dalam pelaksanaan program kegiatan yang pertama adalah Diklat selama tiga hari yang kedu pendampingan dalam pembuatan laporan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan artike Pendampingan dilaksanakan delapan belas (18) kali pertemuan berjumlah 80 orang dibagi menjadi 4 kelompok. Hasil persentase paling tinggi yaitu pada angka 74,6%. Artinya adalah hampir 75% peserta diklat KTI tidak ingin membagi pengetahuan yang diperoleh pada saat diklat KTI 2019. Oleh sebab itu kehadiran pihak kedua dalam hal ini lembaga Insan Instutute masih sangat dibutuhkan dalam memberikan pendampingan/materi tentang karya Tulis Ilmiah (KTI) pada masa-masa yang akan datang. Kata Kunci: Diklat, KTI, Pendamping
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Manajemen Pendidikan > Tenaga Pendidik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dr Aswasulasikin, M.Pd |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 02:18 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 02:18 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5773 |
Actions (login required)
View Item |