PENDIDIKAN DAN PEMERTAHANAN BAHASA; TANTANGAN DAN PELUANG

Roni Amrulloh, Roni PENDIDIKAN DAN PEMERTAHANAN BAHASA; TANTANGAN DAN PELUANG. PENDIDIKAN DAN PEMERTAHANAN BAHASA; TANTANGAN DAN PELUANG. (Submitted)

[img] Text (Makalah Seminar)
Makalah Seminar UGM.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text
Makalah Seminar UGM.pdf

Download (284kB)

Abstract

Makalah ini merupakan studi pemertahanan bahasa di ranah pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bentuk dan strategi pemertahanan bahasa Samawa oleh masyarakat Desa Kuang Baru, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur di ranah pendidikan. Fokus penelitian ini adalah pola komunikasi masyarakat desa tersebut, dalam konteks sebagai siswa atau sebagai guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dan metode cakap. Analisis data menggunakan metode padan ekstralingual. Penelitian ini menemukan bahwa di ranah pendidikan, masyarakat Desa Kuang Baru menggunakan tiga kode bahasa dalam berkomunikasi, yaitu bahasa Samawa, bahasa Sasak, dan bahasa Indonesia. Bahasa Samawa digunakan di kelas tingkat pendidikan PAUD dan SD tingkat awal atau partisipan adalah sesama penutur bahasa Samawa yang berasal dari Desa Kuang Baru. Bahasa Indonesia hanya digunakan dalam percakapan yang terjadi di ruang kelas dengan situasi formal. Sementara itu, pemakaian bahasa Sasak digunakan pada tingkat pendidikan SD akhir dan SMP. Kata Kunci: pemertahanan bahasa, ranah pendidikan, dan bahasa Samawa

Item Type: Article
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Indonesia > Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 17 Jan 2025 23:38
Last Modified: 17 Jan 2025 23:38
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5893

Actions (login required)

View Item View Item