Analisis Peran Kecerdasan Emosional dan Keterlibatan dalam Pengambilan Keputusan terhadap Komitmen Kerja Guru

Mohzana,, Mohzana and Maryanti, Maryanti and Desty Endrawati Subroto, Subroto and Dini Pepilina, Pepilina and Agus Rofi'i, Rofi'i and Made Ayu Anggreni, Anggreni Analisis Peran Kecerdasan Emosional dan Keterlibatan dalam Pengambilan Keputusan terhadap Komitmen Kerja Guru. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

[img] Text (Jurnal (Turnitin))
49. Sinta 4-Turnitin-Analisis Peran Kecerdasan Emosional-SUDAH PUBLISH.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Beberapa faktor memengaruhi komitmen kerja guru, yang pada gilirannya memengaruhi prestasi akademik siswa. Faktor-faktor ini meliputi keterampilan pengaturan emosi instruktur dan tingkat keterlibatan mereka dalam pengambilan keputusan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana kecerdasan emosional dan partisipasi guru dalam pengambilan keputusan memengaruhi dedikasi mereka terhadap pekerjaan mereka. Seratus lima puluh pendidik berpartisipasi dalam penyelidikan kuantitatif ini melalui survei. Kecerdasan emosional guru, partisipasi dalam pengambilan keputusan, dan dedikasi terhadap pekerjaan mereka dinilai menggunakan kuesioner. Dampak dari variabel-variabel ini diuji melalui analisis data yang menggunakan teknik regresi. Efek positif dan signifikan secara statistik dari kecerdasan emosional dan partisipasi dalam pengambilan keputusan terhadap dedikasi guru terhadap pekerjaan mereka terlihat. Guru yang cerdas secara emosional cenderung lebih berdedikasi pada pekerjaan mereka karena mereka lebih mampu menangani stres, membentuk hubungan yang kuat dengan siswa, dan mengatasi rintangan. Lebih jauh lagi, menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan menumbuhkan rasa investasi pribadi yang lebih kuat dalam kebijakan dan program sekolah, yang pada gilirannya meningkatkan dedikasi terhadap pekerjaan. Dalam upaya meningkatkan dedikasi guru terhadap pekerjaan mereka dan kualitas pendidikan yang diterima siswa mereka, penelitian ini memiliki konsekuensi signifikan bagi administrasi sekolah dan program pengembangan profesional bagi para pendidik. Penelitian ini selanjutnya membahas tentang konsekuensi di dunia nyata bagi administrator sekolah dan pembuat kebijakan yang ingin menumbuhkan suasana yang mendorong guru untuk menjadi cerdas secara emosional dan memiliki suara dalam keputusan kelas. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Keterlibatan, Pengambilan Keputusan, Komitmen Kerja Guru

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Manajemen Pendidikan > Tenaga Pendidik
Pendidikan dan Pembelajaran > Manajemen Pendidikan > Tenaga Kependidikan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mohzana Drs.Mohzana
Date Deposited: 03 Feb 2025 17:07
Last Modified: 03 Feb 2025 17:07
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5909

Actions (login required)

View Item View Item