MINAT MEMBACA KARYA SASTRA SISWA KELAS VIII ANALISIS KECENDRUNGAN DI SMPN 2 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ISLAMIAH, SUHAEBATUL (2019) MINAT MEMBACA KARYA SASTRA SISWA KELAS VIII ANALISIS KECENDRUNGAN DI SMPN 2 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Minat baca adalah merupakan hasrat seseorang atau siswa terhadap bacaan, yang mendorong munculnya keinginan dan kemampuan untuk membaca diikuti oleh kegiatan nyata membaca bacaan yang diminatinya.minat membaca bersifat pribadi dan merupakan produk belajar. Minat merupakan salah satu faktor yang cukup penting yang mempengaruhi kemampuan membaca. Minat membaca puisi merupakan salah satu faktor intrisik yang menentukan seseorang memiliki kemauan untuk melakukannya. Dalam belajar membaca puisi siswa harus memiliki minat membaca karya karya sastra terlebih dahulu didalam dirinya agar muncul motivasi dari dirinya untuk belajar lebih giat lagi. Siswa akan terdorong untuk belajar tanpa harus di peringatkan sebelumnya. Sehingga siswa memiliki perasaan bahwa belajar menjadi kebutuhan tanpa ada paksaan. Berdasakan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat minat membaca karya sastra siswa masih rendah atau kurang. Sehingga bagi siswa disarankan untuk selalu meningkatkan minat membaca karya sastra dan motivasi belajar untuk meningkatkan prestasi belajar, serta bagi guru sekolah untuk selalu meningkatkan minat membaca siswa dalam mengajar yang dapat mendorong tumbuhnya minat membaca dan motivasi siswa dalam belajar. Kata Kunci: Analisis Kecendrungan Minat Membaca, Karya Sastra Puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Indonesia > Psikologi Sastra
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 19 Dec 2020 03:20
Last Modified: 19 Dec 2020 03:20
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item