PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENGGUNAKAN METODE FERNALD UNTUK MENGURANGI DISLEKSIA PADA SISWA MTS. MU’ALLIMAT NW KELAYU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SRIANA, NONI (2018) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENGGUNAKAN METODE FERNALD UNTUK MENGURANGI DISLEKSIA PADA SISWA MTS. MU’ALLIMAT NW KELAYU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI NONI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penerapan metode ini merupakan bagian dari cara seorang pendidik untuk memberikan bimbingan kepada siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi masalah disleksia pada siswa NH dengan memberikan bimbingan belajar pribadi menggunakan metode Fernald VAKT (visual, auditory, kinesthetic, and tactile). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen subjek tunggal, dilakukan perbandingan antara fase baseline dengan fase intervensi. Desain dalam penelitian eksperimen subjek tunggal ini terdiri dari tiga desain yaitu desain A-B, desain AB- A, dan desain jamak. Namun dalam pelaksanaannya digunakan desain A-B. Desain A-B ini disusun atas dasar apa yang disebut dengan logika baseline. Logika baseline menunjukkan satu pengulangan pengukuran perilaku atau target behavior sekurang-kurangnya dua kondisi yaitu kondisi baseline (A) dan intervensi (B). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan aspek kognitif siswa disleksia memiliki nilai rata-rata diatas 50% dan pada aspek perilaku siswa disleksia memiliki nilai rata-rata dibawah 50%. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diperoleh data nilai kognitif tertinggi yaitu 87,5%, nilai rata-rata (fase baseline) dengan skor terendah 51 dan skor tertinggi 61 dan rata-rata MI (mean ideal) 62,5. Sedangkan nilai rata-rata (fase intervensi) dengan sekor terendah 43 dan sekor tertinggi 54 dengan mean rata-rata 46,5. Maka dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian metode Fernald dapat memberikan pengaruh untuk mengurangi disleksia pada siswa kelas VIII MTs. Mu’allimat NW Kelayu Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Metode Fernald, mengurangi disleksia pada siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 22 Dec 2020 07:12
Last Modified: 22 Dec 2020 07:12
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3290

Actions (login required)

View Item View Item