PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B2 DI PAUD SITI KHADIJAH TAHUN 2018

PUSPITA HAFIDZ, INDRIANI (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B2 DI PAUD SITI KHADIJAH TAHUN 2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran kelompok terhadap perkembangan sosial Anak kelompok B2 di PAUD Siti Khadijah Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimental dengan desain Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest.Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek sebanyak 17 anak kelompok B2.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pendekatan saintifik terhadap perkembangan sosial anak (thitung= 9.8463 > ttabel= 1,7458) sehingga hipotesisnya diterima. Adanya perbedaan terhadap perkembangan sosial anak, dengan prstest diperoleh rata-rata total presentase keseluruhan 25 % yang dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam persentase kategori penilaian “Belum Berkembang (BB)” dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 65% dengan kategori penilaian “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”. Kata Kunci: pendekatan saintifik, pembelajaran kelompok, perkembangan sosial anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:55
Last Modified: 23 Dec 2020 03:55
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3339

Actions (login required)

View Item View Item