PENGEMBANGAN MEDIA DEKAK-DEKAK GEOMETRI UNTUK MENGENALKAN BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM ASSA’ADAH NW KELAYU

HAPSARI, MAHDA NOVITA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA DEKAK-DEKAK GEOMETRI UNTUK MENGENALKAN BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM ASSA’ADAH NW KELAYU. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dekakdekak geometri untuk mengenalkan bentuk-bentuk geometri pada anak kelompok A yang direalisasikan menjadi bentuk produk berupa media dekak-dekak geometri. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dilakukan dengan lima tahapan, yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap pengembangan dan analisis produk, tahap revisi produk, tahap uji coba lapangan, dan tahap revisi produk akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa media dekak-dekak geometri dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh data bahwa produk media dekak-dekak geometri dapat dikategorikan “baik” dengan jumlah skor 38 pada rentang skor 37, 398 < X ≤ 46, 194. Sedangkan hasil validasi ahli materi dapat diketahui bahwa produk yang dikembangkan mendapat kategori “cukup baik” dengan jumlah skor 30 berada pada rentang 26,04 < X ≤ 33,96. Berdasarkan hasil uji coba lapangan diperoleh data siswa yang mendapat kriteria Sangat Baik sebanyak 9 orang, siswa yang mendapat kriteria Baik sebanyak 5 orang, siswa yang mendapat kriteria Cukup sebanyak 1 orang, dan siswa yang mendapat kriteria kurang sebanyak 2 orang. Data aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa termasuk dalam kategori “aktif” dengan skoe rata-rata 46,411. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media dekak-dekak geometri untuk mengenalkan bentuk geometri pada anak layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Kata kunci: media dekak-dekak geometri, mengenal bentuk geometri, penelitian pengembangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Jan 2021 06:48
Last Modified: 04 Jan 2021 06:48
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3461

Actions (login required)

View Item View Item