PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ANDROID DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI KELAS B2 (USIA 5-6 TAHUN) DI TK ISLAM DARUSSALAM KOPANG

YULIYANA, NITA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ANDROID DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI KELAS B2 (USIA 5-6 TAHUN) DI TK ISLAM DARUSSALAM KOPANG. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendesain media pembelajaran berbasis game android dan menguji efektifitasnya dalam meningkatkan aspek kognitif anak usia dini kelas B2 (usia 5-6 tahun) di TK Islam Darussalam Kopang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mangacu pada model R & D menurut Sugiyono (2013). Pengumpulan data validasi oleh 2 orang validator menggunakan instrumen lembar validasi, dan data uji coba produk dikumpulkan dengan instrumen lembar observasi terhadap penilaian aspek kognitif dan respon 13 anak di kelas B2 (usia 5-6 tahun) TK Islam Darussalam Kopang. Data validasi desain dianalisis dengan indeks kesepakatan ahli yang disarankan oleh Lawshe dan Martuza (Gregory, 2007). Sedangkan data penilaian aspek kognitif respon anak di analisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis game android ini efektif dalam meningkatkan perkembangan aspek kognitifnya anak usia dini kelas B2 (usia 5-6 tahun) di TK Islam Darussalam Kopang. Hal ini didasarkan, antara lain pada hasil validasi ahli oleh 2 orang validator menunjukkan koefisien validitas sebesar 0.68 dengan kriteria validitas Sedang, hasil observasi penilaian aspek kognitif anak juga menunjukkan perolehan yang melebihi dari standar keberhasilan pencapaian perkembangan anak secara klasikal yang ditetapkan di TK Islam Darussalam Kopang (≥ 75% anak berada dalam kategori BSH), dan hasil observasi terhadap respon anak menunjukkan kategori sangat tinggi atau lebih dari 75% atau sekitar 8 orang anak memiliki respon positip. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game Android, Aspek Kognitif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Jan 2021 08:14
Last Modified: 04 Jan 2021 08:14
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item