PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 3 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KOMALA PUSPA SURYANI, DIANA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 3 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
skripsi_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran integratif berbasis lesson study terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 3 Sakra. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 3 Sakra yang teridiri dari dua kelas. Kelas VA sebagai kelompok kontrol dan VB sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan tes.Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dengan model integratif berbasis lesson study lebih tinggi daripada kemampuan membaca pemahaman dengan metode konvensional. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung (8,889) > t tabel (1,697). Nilai t hitung> t tabel menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman kedua kelompok berbeda secara signifikan.Berdasarkan nilai thitung tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model integratif berbasis lesson study memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 3 Sakra tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: model integratif, lesson study, membaca pemahaman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:25
Last Modified: 05 Jan 2021 02:25
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3475

Actions (login required)

View Item View Item