SARTIKA, DIANA (2018) PENGARUH TEKNIK ECOLA (EXTENDING CONCEPT TROUGHT LANGUAGE ACTIVITIES) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 5 BUNGTIANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Diana Sartika. (2018). Pengaruh Teknik ECOLA (Extending Concept Trought Language Activities) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 5 Bungtiang TP. 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Hamzanwadi. Dr. Padlurrahman, M.Pd pembimbing I dan Nurul Mu’minin MZ., M. Pd pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teknik ECOLA (Extending Concept Trought Language Activities) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 5 Bungtiang TP. 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 5 Bungtiang berjumlah 40 orang. Kelas V A sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 orang dan siswa kelas V B sebagai kelas control berjumlah 20 orang. Variabel penelitian ini menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah teknik ECOLA, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan membaca pemahaman. Berdasarkan dari uji t yang dilakukan didapati t-hitung = 15,89 dan ttabel = 2,03 pada taraf singnifikan 5%. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan teknik ECOLA Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 5 Bungtiang TP. 2017/2018. Kata kunci: ECOLA (Extending Concept Trought Language Activities), membaca pemahaman
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Jaelani Ahmad |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 02:32 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 02:32 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3476 |
Actions (login required)
View Item |