PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS GENRE (GENRE BASED APPROACH) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI CERITA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KELAYU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SARI, AYU ROSDIANA (2019) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS GENRE (GENRE BASED APPROACH) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI CERITA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KELAYU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI AYU ROSDIANA SARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Genre (Genre Based Approach) melalui cerita pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kelayu Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen desain True Experimental Design dengan bentuk penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV.a dan kelas IV.b semester ganjil MI Muhammadiyah Kelayu Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 17 orang peserta didik pada kelas IV.a dan 17 peserta didik pula pada kelas IV.b. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengetahui kemampuan berbicara melalui cerita peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis genre (genre based approach). Sebelum data dianalisis, instrumen diuji validitas. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan analisis hasil posttest. Hasil tes padaposttest pada kelas kontrol mencapai rata-rata 55 atau berada pada kategori cukup. Kemudian pada saat posttest pada kelas eksperimen mencapai 75 dengan kategori baik. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat sedangkan teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,42 > 1,69, hal ini berarti bahwa hipotesis diterima yaitu ada pada pengaruh signifikan pada penerapan pendekatan pembelajaran berbasis genre (genre based approach) terhadap kemampuan berbicara melalui cerita kelas IV MI Muhammadiyah Kelayu Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Pendekatan pembelajaran berbasis Genre, kemampuan berbicara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:31
Last Modified: 06 Jan 2021 03:31
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3526

Actions (login required)

View Item View Item