ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBIASAAN MEMBACA PRA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO DI KELAS IV SD NEGERI 01 DANGER TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SAFITRI, BAIQ NURLENI (2019) ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBIASAAN MEMBACA PRA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO DI KELAS IV SD NEGERI 01 DANGER TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI_compressed_2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembiasaan membaca pra pembelajaran terhadap pembentukkan karakter siswa dengan menggunakan penilaian portofolio di kelas IV di SD Negeri 01 Danger. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan membaca pra pembelajaran dapat membentuk karakter-karakter siswa. Selain dari karakter siswa dalam meningkatkan gemar membaca karakter lainnyapun akan terbentuk yaitu seperti disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat dan komunikatif. Dengan menggunakna penilaian portofolio, siswa akan memahami hal-hal yang belum terpenuhi dalam dirinya dan keunggunlan-keunggulan apa yang dimiliki, dari hasil penelitian penilaian portofolio menjadi salah satu penilaian yang penting dilakukan oleh guru untuk memperlihatkan trasnparansi dari sebuah proses penilaian dan memperlihatkan perkembangan setiap peserta didik. Sehingga dari siswa, orang tua/ wali murid, dan guru yang ada disekolah semuanya memahami kondisi peserta didik.dari penerapan pembiasaan membaca pra pembelajaran dengan menggunakan penilaian portofolio dalam mengukur karakter pada siswa sehingga menjadi salah satu bahan dalam penyusunan penilaian portofolio. Hal tersebut akan membantu semua pihak untuk bekerja sama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Kata Kunci: Pembiasaan Membaca Pra Pembelajaran, Pembentukan Karakter, Penilaian Portofolio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:29
Last Modified: 06 Jan 2021 07:29
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item View Item