ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI KELAS III MI NW 2 KELAYU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SARI, DESI RATNA (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI KELAS III MI NW 2 KELAYU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas III MI NW 2 Kelayudalam menyelesaikan soal matematika. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, angket, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III MI NW 2 Kelayu dari 23 siswa diambil 5 siswa untuk mewakili kesalahan siswa yang lain. Hasil penelitian pada analisis observasi aktivitas siswa adalah 62,5 dan dikategorikan nilainya sangat rendah. Observasi pada aktivitas guru adalah 84,6 dikategorikan nilainya tinggi. Pada hasil analisis angket respon siswa adalah 1,1dikategorikanrendah. Hasil analisis wawancara soal tes siswa siswa dalam menyelesaikan soal matematika adalah: (a) kesalahan konsepdilakukan 7 orang siswadari 11 siswa yang melakukan. (b) kesalahan teknis/prosedur dilakukan 12 orang siswadari 11 siswa yang melakukan. (c) kesalahan dilakukan 4 orang siswa dari 11 siswa yang melakukan. Kesalahan yang terbanyak dilakukan siswa adalah kesalahan prosedur/tekhnis. Kesalahan tersebut karena banyak siswa yang tidak mengetahui langkah-langak dalam menyelesaikan soal matematika tersebut. Dilihat dari kesalahan tersebut maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa kesalahan siswa dilihat dari faktot-faktor penyebab kesalahan siswa yaitu tidak mengetahui cara menyelesaikan soal, penjumlahan atau hitungan, tidak memiliki kemampuan menuliskan hal yang diketahui danasal-asalan mengerjakan soal, tidak menyukai pelajaran matematika, tidak paham dengan rumus yang seharusnya digunakan, terburuburu dalam mengerjakan proses penyelesaian. Kata Kunci: Analisis Kesalahan Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:00
Last Modified: 07 Jan 2021 04:00
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3551

Actions (login required)

View Item View Item