EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FITRIANI, AIDI (2018) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI AIDI FITRIANI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas pendekatan Contekstual teaching and learning (CTL) dalam penguasaan konsep pelajaran Ekonomi. Adapun rumusan masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini. Apakah Contekstual teaching and learning (CTL) efektif dalam pengajaran Ekonomi untuk siswa kelas X di SMA NW Pancor pada tahun ajaran 2017/2018? Penguasaan konsep pada mata pelajaran Ekonomi siswa d i kelas X SMA NW Pancor masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari masih banyak siswa yang belum mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal), yaitu 77. Rata-rata nilai ulangan harian siswa kelas X IIS Tahun 2017 adalah 65,30 dan standar deviasinya 10,80. Desain dari penelitian ini menggunakan penelitian Pre-Experimental. Populasi dari penelitian ini semua kelas X SMA NW Pancor pada tahun ajaran 2017/2018. Tehnik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel biasa dan kelas X A diambil sebagai sample yang terdiri dari 25 siswa. Untuk mengumpulkan data, tes awal diberikan kepada siswa sebelum perlakuan dan tes ahir diberikan setelah perlakuan. Instrumen dari penelitian ini adalah pilihan ganda. Dalam menganalisa data menggunakan SPSS, berdasarkan hasil dari analisis data, rata-rata skor dari tes awal adalah 14.60 dan rata-rata skor dari tes ahir adalah 16.34. Artinya bahwa rata-rata skor dari tes ahir lebih tinggi dari pada tes awal. Dalam menguji hipotesa, peneliti telah menemukan bahwa t ( df = 25 ) = -5.566, p=<0.001. ini menunjukkan bahwa nilai dari tingkat signifikan (nilai p) adalah jauh dibawah 0.05. Artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata skor dari tes awal dan tes ahir. Ini menunjukkan bahwa, teaching and learning (CTL)signifikan efektif dalam pengajaran Ekonomi untuk siswa kelas X di SMA NW Pancor pada tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Contekstual teaching and learning dan penguasaan konsep

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 07 Jan 2021 07:31
Last Modified: 07 Jan 2021 07:31
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3573

Actions (login required)

View Item View Item