PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBANTUAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA TEMA 1 SUBTEMA 3 AKU MERAWAT TUBUHKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN 5 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

HAMIDAH, HAMIDAH (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBANTUAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA TEMA 1 SUBTEMA 3 AKU MERAWAT TUBUHKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN 5 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pop-up book berbantuan model example non example dengan yang tidak diajarkn dengan media pop-up book berbantuan model example non example pada tema 1 subtema 3 aku merawat tubuhku kelas 1 SDN 5 Masbagik Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain true experimental design posttest only control design. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1A dan 1B SDN 5 Masbagik Utara yang berjumlah 64 orang, dan sampel penelitian ini adalah kelas 1A SDN 5 Masbagik Utara dengan jumlah 32 orang. Tekhnik analisis yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji t. hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata skor hasil belajar siswa kelas 1 yaitu X =71 ≥ X =50 untuk mencari homogenitasnya menggunakan rumus uji F yang menunjukkan bahwa kedua kelompok mempunyai keadaan yang homogen dilihat dari nilai Fhitung (3,06) < Ftabel (4,15). Sementara untuk uji hipotesis menggunakan rumus uji-t diperoleh thitung > ttabel (11,111 > 2,042), Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pop-up book berbantuan model example non example pada tema 1 subtema 3 aku merawat tubuhku terhadap hasil belajar siswa kelas 1 SDN 5 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Media Pop-Up Book Berbantuan Model Example Non Example, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 09 Jan 2021 07:36
Last Modified: 09 Jan 2021 07:36
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3598

Actions (login required)

View Item View Item