PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR (TEACHING SKILL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI HAMZANWADI NO 1 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HAMZANI, HAMZANI (2019) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR (TEACHING SKILL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI HAMZANWADI NO 1 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Keterampilan Mengajar (Teaching Skill) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Hamzanwadi NO 1 Pancor Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk Nonequivalen Control Group Design, yaitu desain yang hampir sama dengan pretest- posttest control group design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Dimana kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan keterampilan mengajar (teaching skill) sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Hamzanwadi 1 Pancor dengan jumlah 21 orang yang menjadi kelas eksperimen, dan siswa kelas III MI Hamzanwadi 1 Pancor dengan jumlah 21 orang jadi kelas kontrol. Dan Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes uraian. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode sampel related varian. Kemudian dari pengujian hipotesis dengan uji t didapat thitung ≥ ttabel (3,075 > 2,021) maka hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima yang artinya ada pengaruh Keterampilan Mengajar (Teaching Skill) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Hamzanwadi Pancor Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Keterampilan Mengajar (Teaching Skill), Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 09 Jan 2021 07:43
Last Modified: 09 Jan 2021 07:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3599

Actions (login required)

View Item View Item