PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (CTL) CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN 7 SUKARAJA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERJASAMA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SRIANI, LAELA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (CTL) CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN 7 SUKARAJA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERJASAMA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kerjasama kelas III SDN 7 Sukaraja tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian ini menggunakan sampel Probability Sampling. Dari tiga kelas peneliti memilih 2 (dua) kelas sebagai sampel yaitu kelas III A sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 21 siswa dan kelas III C yang berjumlah 21 siswa sebagai kelompok eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Experimental bentuk Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan Metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan uji t dua pihak dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil hipotesis menunjukan bahwa ttabel ≤ thitung ≥ ttabel atau 2.021 ≤ 3.182 ≥ 2.021 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SDN 7 Sukaraja pada mata pelajaran IPS materi kerjasama tahun pelajaran 2018/2019.. Kata Kunci: Pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:04
Last Modified: 12 Jan 2021 07:04
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3659

Actions (login required)

View Item View Item