PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MAKET SIMULASI KELAS V SDN 1 KELAYU UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ASRI, M MUSLIHUL (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MAKET SIMULASI KELAS V SDN 1 KELAYU UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI MUSLIHUL ASRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis maket simulasi pada siswa kelas VSDN 1 Kelayu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Brog and Gall yang terdiri dari 8 tahap dan disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain pengembangan draf produk dan produk awal, uji coba lapangan, revisi media dan produk.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus skala lima untuk uji validasi media pembelajaran maket simulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji validasi ahli media dikategorikan “baik” dengan rentang nilai 16,8 < X ≤ 20,4 dengan jumlah skor 22 dan rata-rata 4,4. Hasil uji validasi ahli materi dikategorikan “baik” karena berada pada rentang nilai 34,2 < X ≤ 42,6 dengan jumlah skor 38 dan rata-rata 3,8. Sedangkan hasil analisis hail belajar siswayang sudah dilakukan menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siswa mencapai lebih dari 50% yaitu 79%.yang berartimedia pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media dan Maket Simulasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 13 Jan 2021 02:44
Last Modified: 13 Jan 2021 02:44
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3684

Actions (login required)

View Item View Item