TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 02 KALIJAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

BERLIANI, NINI (2019) TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 02 KALIJAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekoah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yaitu SDN 2 Kalijaga dengan jumah siswa 22 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Instrument pengumpulan data dengan memberikan tes berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir siswa SDN 2 Kalijaga ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 77,4 secara keseluruha dari skor. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dikategorikan rendah sebanyak 36,29%, 40,84% kategori sedang dan 22,69 kategori tinggi. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, penelitian deskriptif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 16 Jan 2021 03:42
Last Modified: 16 Jan 2021 03:42
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3735

Actions (login required)

View Item View Item