PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONOMI BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAAPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 2 AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FEBRIANA, WIDIA (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONOMI BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAAPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 2 AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model mind maaping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 2 Aikmel. Berupa bahan ajar, silabus, RPP, dan untuk melihat efektifitas penyusunan bahan ajar ekonomi. Sehingga, pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif dan efesien serta dapat mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran. Jenispenelitian ini adalah Penelitian Pengembangan dengan mengembangan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model mind maaping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 2 Aikmel yang ada pada lingkungan sekolah. Model ini terdiri atas sepuluh langkah, Akan tetapi, pada penelitian pengembangan ini peneliti hanya menggunakan lima prosedur penelitian, karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya dari peneliti. Dan lima langkah tersebut, yakni (1) Pendahuluan, (2) Pengembangan Produk awal, (3) Uji produk awal, (4) Finalisasi produk akhir, dan (5) Uji Produk akhir. Penelitian ini bertempat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Aikmel dimana populasinya yaitu siswa kelas X di sekolah yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Hasil analisis data menyimpulkan bahwa dengan taraf efektif. Jadi terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan bahan ajar ekonomi kelas X (sepuluh) yang dikembangkan dengan berbasis model mind maaping . Hal ini berarti bahwa hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar tidak sama. Jadi dapat dikatakan terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model mind maaping. Dilihat dari respon guru memiliki nilai persentase rata-rata 94,28%, respon siswa memiliki nilai persentase rata-rata 90,36%, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan paket bahan bahan ajar ekonomi berbasis model mind maaping ini memperoleh nilai rata-rata 86,85 sehingga dapat dikatakan efektif di gunakan dalam p roses pembelajaran di SMAN 2 Aikmel. Kata Kunci : Bahan Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Model Mind Maaping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sman 2 Aikmel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 23 Jan 2021 03:05
Last Modified: 23 Jan 2021 03:05
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3779

Actions (login required)

View Item View Item