PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SDN 1 RUMBUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FAJRIANI, NURLAELA (2019) PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SDN 1 RUMBUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pop up book terhadap motivasi belajar IPA dan kreativitas peserta didik kelas IVA SD 1 Rumbuk tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA di SDN 1 rumbuk. Sampel penelitian yang digunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan penelitian Pre eksperimental ini menggunakan desain One-shot Case Studi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan lembar kreativitas siswa. Data dianalisis menggunakan data uji t. Hasil hipotesis angket menunjukkan bahwa thitung >ttabel yaitu (10,82>1,729) sedangkan hasil hipotesis kreativitas bahwa thitung >ttabel yaitu (9.86>1,729) yang berarti Ho ditolak dan Ha di terima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran Pop up book terhadap motivasi belajar IPA dan kreativitas siswa kelas IV SDN 1 Rumbuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Pengaruh Media Pop Up Book, Motivasi Belajar, Kreativitas Siswa, mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 26 Jan 2021 08:18
Last Modified: 26 Jan 2021 08:18
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3824

Actions (login required)

View Item View Item