PENGARUH METODE INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X IPA DI SMA NEGERI 1 SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ISNAWATI, ISNAWATI (2018) PENGARUH METODE INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X IPA DI SMA NEGERI 1 SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI ISNAWATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana pengaruh metode inkuiri bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar peserta didik. 2) Mengetahui bagaimana pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik. 3) Mengetahui bagaimana interaksi antara metode inkuiri bebas termodifikasi dengan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Sukamulia Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMAN 1 Sukamulia. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampel Random, sehingga didapatkan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dengan tes dan angket. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji anava dua jalan dengan desain factorial 2 x 2. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1) ada pengaruh metode inkuiri bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar peserta didik , dengan kriteria Fa adalah 7,466 >Ftabel adalah 4,075. 2) ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik, dengan kriteria Fb adalah 8,351 ˃ Ftabel adalah 4,075. 3) Tidak ada interaksi antara metode dengan minat belajar peserta didik terhadap prestasi belajar, dengan kriteria Fab adalah 1,970 <Ftabel 4,075. Kata Kunci: Metode Inkuiri Bebas Termodifikasi, Prestasi Belajar, Minat Belajar, Momentum dan Impuls

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 06 Feb 2021 04:25
Last Modified: 06 Feb 2021 04:25
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item