PENGARUH STRATEGI DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMAN 1 MASBAGIK KELAS XI IPA PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STASIONER TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PURNAWATI, MEMI YAYUK (2018) PENGARUH STRATEGI DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMAN 1 MASBAGIK KELAS XI IPA PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STASIONER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI MEMI YAYUK PURNAWATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh strategi discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar fisika, 2) Pengaruh aktivitas belajar tinggi dan aktivitas belajar rendah terhadap hasil belajar fisika, 3) Interaksi antara strategi discovery learning dan problem based learning dengan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Masbagik tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampeling dengan Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data dianalisis menggunakan anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan, 1) ada pengaruh strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar fisika karena FAhitung>Ftabel yaitu 4,830 > 3,99, yang berarti H0A ditolak, 2) tidak ada pengaruh aktivitas belajar tinggi dan aktivitas belajar rendah terhadap hasil belajar fisika siswa karena FBhitung<Ftabel yaitu 0,659 < 3,99, 3) tidak ada interaksi antara strategi discovery learning dan problem based learning dengan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar fisika siswa karena FABhitung<Ftabel yaitu 0,482 > 3,99. Kata Kunci: Discovery Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 06 Feb 2021 06:21
Last Modified: 06 Feb 2021 06:21
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3950

Actions (login required)

View Item View Item