PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI HUKUM HOOKE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH SISWA KELAS XI MA MU’ALIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HAKIM, NASRUL (2018) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI HUKUM HOOKE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH SISWA KELAS XI MA MU’ALIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI NASRUN HAKIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengtahui karakteristik produk pengembangan panduan praktik; 2) menerapkan panduan praktikum berbasis laboratorium virtual pada materi hukum hooke dapat meningkatkan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan/research and development . Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pengujian karakteristik produk pengembangan panduan praktikum dilakukan melalui validasi dari ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran dan angket respon siswa. Uji efektifitas produk dilakukan di MA Mu’alimin NW Pancor dalam dua kelas yang berbeda. Teknik pengumpulan data menggunakan non-tes (angket dan lembar validasi ahli). Instrumen pengumpulan data penyebaran angket dan rubrii keterampilan kerja ilmiah siswa . Teknik analisis data hasil penyebaran angket dilakukan dengan tabulasi data dari masingmasing validator, menghitung skor rata-rata, dan membandingkan jumlah skor aktual dengan kriteria skor rata-rata ideal sedangkan anlisis data keterampilan kerja ilmiah menggunakan tehnik persentase dan dibandingkan dengan nilai persentase keriteria keidealanketerampilan kerja ilmiah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi serta guru mata pelajaran, termasuk ke dalam kriteria layak dan berdasarkan penilaian dari respon siswa termasuk dalam kategori sangant bagus. Hasil dari penilain kinerja ilmiah siswa menunjukkan bahwa panduan praktikum berbasis laboratorium virtual pada materi hukum hooke dapat meningkatkan keterampilan kerja ilmiah siswa karena secara umum hasil perhitungan nilai kerja ilmiah siswa berada pada rentang 73,33% - 86,66% atau berada pada kriteria tinggi Kata kunci: Pengembangan, Panduan Praktikum,Kerja Ilmiah ,laboratorium virtual,hukum hooke

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 06 Feb 2021 06:57
Last Modified: 06 Feb 2021 06:57
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3953

Actions (login required)

View Item View Item