EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL KONSTRUKTIVISME METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NW TEBABAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

DANI, UMAR (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL KONSTRUKTIVISME METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NW TEBABAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRISI UMAR DANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Umar Dani , 11230085. “Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kostrutivisme Metode Eksperimen Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA NW Tebaban tahaun pelajaran 2017/2018 ”. Skripsi: program studi pendidikan Fisika Universitas Hamzanwadi. Pembimbing I : Tsamarul Hizbi, M.Pd Pembimbing II : Farti na, M.Pd Kata Kunci : Model Konstruktivisme, Metode eksperimen, Prestasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran konstruktivisme metode eksperimen efektiv terhadap prestasi belajar fisika pada siswa kelas X SMA NW Tebaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA NW Tebaban tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa masing-masing 20 orang, yaitu kelas XA sebagai kelompok eksperimen dan kelas XB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar dengan metode tes. Data di analisis menggunakan uji-t yaitu Polled Varians. Berdasarkan hasil perhitungan untuk uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal karena χ2hitung < χ 2tabel, yaitu untuk kelas eksperimen 3,52 < 9,49 dan untuk kelas control 2,00 < 9,49. Adapun untuk uji homogenitas dapat disimpulkan bahwa populasinya homogen karena Fhitung < Ftabel yaitu 2,03 < 2,17. Dari hasil analisis pada uji hipotesis didapatkan bahwa H0 ditolak karena harga thitung > ttabel yaitu 2,24 > 1,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran konstruktivisme metode eksperimen efektiv terhadap prestasi belajar fisika pada siswa kelas X SMA NW Tebaban tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 08 Feb 2021 01:24
Last Modified: 08 Feb 2021 01:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item View Item