PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS BERBASIS PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SDN 4 TEBABAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MULIAWAN, IRWAN (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS BERBASIS PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SDN 4 TEBABAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) atau penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh hasil validasi materi dengan nilai 51 > 50,4 kategori “Sangat baik”, hasil validasi bahasa dengan nilai 23,79 < 27 ≤ 29,38 kategori “baik” dan hasil validasi desain dengan nilai (31 > 27,38) kategori “sangat baik”. Adapun hasil uji coba produk terhadap siswa kelas V SDN 4 Tebaban terdiri dari 25 orang siswa, respon siswa pada uji coba lapangan dengan nilai (37,08> X ≥ 36,12) kategori “tinggi” Hasil analisis dengan rumus persentase yaitu diperoleh 2 orang dengan kategori “sangat tinggi” dengan persentase 8 %, 19 orang dengan kategori “tinggi” dengan hasil persentase 76 %, 2 orang dengan kategori “rendah” dengan persentase 8 % dan 2 orang dengan kategori “sangat rendah” dengan persentase 8 %. Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi. Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Kontruktivisme, Sains, R&D, Borg & Gall.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:18
Last Modified: 08 Feb 2021 03:18
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item