PENGARUH KOLABORASI PENGGUNAAN MEDIA BULLETIN BOARD DENGAN PERMAINAN BAHASA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERRMULAAN SISWA KELAS II MI NW SELONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HAFIFAH, KUNI (2018) PENGARUH KOLABORASI PENGGUNAAN MEDIA BULLETIN BOARD DENGAN PERMAINAN BAHASA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERRMULAAN SISWA KELAS II MI NW SELONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kuni Hafifah. (2018). Pengaruh Kolaborasi Penggunaan Media Bulletin Board dengan Permainan Bahasa Terhadap Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas II MI NW Selong TP. 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi penggunaan media bulletin board dengan permainan bahasa terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas II MI NW Selong TP. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II semester genap MI NW Selong Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 27 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (esssy) untuk mengetahui keterampilan menulis permulaan siswa yang menggunakan kolaborasi penggunaan media bulletin board dengan permainan bahasa. Sebelum data dianalisis, instrumen diuji validitas dan reliabelitasnya. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan anaisis hasil pretest dan posttest. Hasil tes pada pretest mencapai rata-rata 47,22 atau berada pada katagori kurang. Kemudian pada saat posttest rata-rata meningkat menjadi 72, 22 dengan katagori baik. Peningkatan yang terjadi dalam keterampilan menulis permulaan dari pretest ke posttest menunjukkan peningkatan sebesar 25%. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, sedangkan teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh > yaitu 4,789 > 2,01. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu ada pengaruh signifikan pada penggunaan kolaborasi media bulletin board dengan permainan bahasa terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas II MI NW Selong Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: media bulletin board, permainan bahasa, keterampilan menulis permulaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:18
Last Modified: 08 Feb 2021 06:18
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3983

Actions (login required)

View Item View Item