PENGARUH METODE JARIMATIKA BERBASIS MEDIA DUA DIMENSI (PAPAN PERKALIAN) TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II MI NW DAMES TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KURNIA, KURNIA (2018) PENGARUH METODE JARIMATIKA BERBASIS MEDIA DUA DIMENSI (PAPAN PERKALIAN) TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II MI NW DAMES TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

KURNIA. (2018). PENGARUH METODE JARIMATIKA BERBASIS MEDIA DUA DIMENSI (PAPAN PERKALIAN) TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II MI NW DAMES TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. UNIVERSITAS HAMZANWADI. Pembimbing: (1) MIJAHAMUDDIN ALWI, M.Pd dan (2) RIFA’ATUL MAHMUDAH, M.Pd Kata Kunci: Metode Jarimatika, Media Dua Dimensi (Papan Perkalian), Minat Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika berbasis media dua dimensi (papan perkalian) terhadap minat belajar matematika siswa kelas II MI NW Dames tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan True eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas II A sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas II B sebagai kelas kontrol. Tekhnik pengumpulan data menggunakan Quesioner/angket minat belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (4,39>2,042) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode jarimatika berbasis media dua dimensi (papan perkalian) terhadap minat belajar matematika siswa kelas II MI NW Dames tahun pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:24
Last Modified: 08 Feb 2021 06:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3985

Actions (login required)

View Item View Item