Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mengatasi Permasalahan Pencemaran Lingkungan

Fatmawati, Baiq (2013) Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mengatasi Permasalahan Pencemaran Lingkungan. In: Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Biologi Membangun karakter konservasi dalam memanfaatkan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan, UPI Bandung.

[img] Text
Baiq Fatmawati_UPI_ 2013.pdf

Download (720kB)
Official URL: http://biologi.upi.edu/

Abstract

Berpikir kreatif sebagai kemampuan untuk melihat dan mencari bermacam-macam kemungkinan/alternatif penyelesaian terhadap suatu masalah, dan menerapkannya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan berpikir kreatif siswa terkait dengan cara mengatasi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dimiliki, tanpa memberikan perlakukan tertentu. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Jurusan IPA yang berjumlah 31 orang (12 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk analisis gambar jenis- jenis limbah organik dan anorganik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa berpikir kreatif siswa laki-laki: flexibility (34,7%), fluency (34,7%), dan originality (7,2%). Siswa perempuan: flexibility (45,5%), fluency (45,5%), dan originality (4,4%). Hasil ini menunjukkan bahwa siswa memiliki cara kreatif untuk mengatasi masalah pencemaran lingkungan

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: Sains > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr. Baiq Fatmawati Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:50
Last Modified: 22 Feb 2021 07:50
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4203

Actions (login required)

View Item View Item