PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN KELAS VII MTs NW IJOBALIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SUMAIYAH, SUMAIYAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN KELAS VII MTs NW IJOBALIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI SUMAIYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat dan hasil belajar matematika siswa dalam pokok bahasan Bilangan Bulat dan Pecahan kelas VII MTs. NW Ijobalit tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs. NW Ijobalit tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Probability Sampling jenis Simpel Random Sampling. Dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Grup Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif dan uji t-test Polled Varians. Hasil penelitian pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai ratarata minat belajar kelas eksperimen adalah 65,36 dan kelas kontrol 59,88. Sedangkan hasil penelitian analisis deskriptif nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 74,45 dan kelas kontrol adalah 63,36. Hasil uji hipotesis analisis minat menunjukkan bahwa > yaitu (2,84 > 1,684) yang berarti ditolak dan diterima. Hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan bahwa > yaitu (2,88 > 1,684) yang berarti ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh positif dan signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa dalam pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan kelas VII MTs. NW Ijobalit tahun pelajaran 2019/2020”. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 18 Feb 2021 05:04
Last Modified: 18 Feb 2021 05:04
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4219

Actions (login required)

View Item View Item