PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MTs DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

MANIAH, ZUHRAH (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MTs DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI ZUHRAH MANIAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Zuhrah Maniah. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika MTs dengan Pendekatan Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hamzanwadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar matematika MTs dengan pendekatan Multiple Intelligence untuk meningkatkan hasil belajar matematika yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, karena memiliki tahapan yang sederhana namun jelas dan mudah dipahami. Model ini terdiri dari lima tahapan utama, yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Uji coba dilakukan pada kelas VIII B MTs NW Suryawangi. Berdasarkan analisis uji coba menunjukkan bahwa LKS dengan pendekatan Multiple Intelligence untuk meningkatkan hasil belajar matematika memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan LKS yang memenuhi kriteria sangat valid dengan perolehan skor total aktual 269 dari skor maksimal 330. Kriteria kepraktisan terlihat dari hasil analisis penilaian guru dan hasil analisis respon siswa yang memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan penilaian guru dengan perolehan skor total aktual 102 dari skor maksimal 120 dan telah mencapai kriteria praktis berdasarkan respon siswa dengan persentase 94.72% dari standar ≥ 75%. Kriteria keefektifan terlihat dari hasil analisis tes hasil belajar siswa dimana hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata skor nilai 71 atau berada di atas KKM 65 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 85% dari standar 75%. Kata kunci: LKS, Pendekatan Multiple Intelligence, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:26
Last Modified: 18 Feb 2021 07:26
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4262

Actions (login required)

View Item View Item