PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI dan HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP IT IBNU MAS’UD POKOK BAHASAN PENYAJIAN DATA

SAVITRI, ZUHRATUL ATMI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI dan HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP IT IBNU MAS’UD POKOK BAHASAN PENYAJIAN DATA. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI ZUHRATUL ATMI SAVITRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP IT IBNU MAS’UD pokok bahasan penyajian data tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT IBNU MAS’UD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain posttest-only control design. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan test hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata data motivasi siswa untuk kelompok eksperimen 75,04 dengan rata-rata skor perolehan 3,05 dan kelompok kontrol nilai rata-rata 68,79 dengan rata-rata skor perolehan 2,29. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 73,8 dan kelompok control 65,38. Data dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil uji hipotesis untuk motivasi diperoleh thitung > ttabel, yaitu 1,67 > 1,11 dan untuk uji hipotesis hasil belajar 2,79 > 1,11. Hal ini berarti, bahwa hipotesis yang diajukan di terima ( Ho ditolak Ha diterima). Maka dikatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP IT IBNU MAS’UD tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Teams Game Tournament (TGT), motivasi, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:33
Last Modified: 18 Feb 2021 07:33
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4264

Actions (login required)

View Item View Item