PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATEMATIKAUNTUK SISWA KELAS IV MI NW NO 2 KELAYU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HASANAH, SITI AZIZAH ISWATUL (2019) PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATEMATIKAUNTUK SISWA KELAS IV MI NW NO 2 KELAYU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI SITI AZIZAH ISWATUL HASANAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku saku yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas IV sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah, dengan jumlah 17 orang siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan tujuh tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji validasi, revisi produk, uji coba lapangan dan merevisi hasil uji coba. Berdasarkan hasil penelitianmenunjukkan bahwa produk buku saku matematika,layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli media diketahui bahwa produk buku saku dikategorikan “baik” dengan perolehan skor 45 dan skor rata-rata 3,6 sedangkan ahli materi mendapat kategori “sangat baik” dengan perolehan skor 67 dan skor rata-rata 4,4. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap buku saku matematika sangat tinggi yaitu dengan rata-rata persentase komponen 82,3% yang merespon sangat baik. Kemudian berdasarkan data hasil belajar, secara klasikal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 72,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,3%. Sehingga kesimpulannya menunjukkan bahwa buku saku matematika layak diterapkan. Kata Kunci: Pengembangan, buku saku, dan Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:23
Last Modified: 24 Feb 2021 06:23
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4335

Actions (login required)

View Item View Item