PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIDANG KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 SIKUR

SUJATMIKO, SIGIT BUDI (2019) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIDANG KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 SIKUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI SIGIT BUDI SUJATMIKO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan e-learning berbasis moodle sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XI (sebelas) dan XII (dua belas) Multimedia SMK Negeri 1 Sikur serta untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran e-learning berbasis moodle. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan prosedur pengembangan ADDIE. Sampel penelitian menggunakan 30 siswa yang diambil secara random dari kelas XI (sebelas) dan XII (dua belas) Multimedia. Sebelum dilakukan ujicoba terhadap responden terlebih dahulu media pembelajaran diujicoba kelayakan oleh ahli media, sehingga didapatkan persentase kelayakan dari ahli media dengan rerata 74% dan dikategorikan “Layak”. Penelitian dilakukan pada tanggal 21 januari 2019 di SMK Negeri 1 Sikur. Teknik pengumpulan data respon den menggunakan angket. Data dianalisis melalui uji coba pengguna, uji validitas instrumen. Pada hasil uji coba responden didapatkan persentase 98% dari semua soal angket yang diberikan, yang menunjukkan bahwa respon dari pengguna terhadap media pembelajaran e- learning berbasis moodle dikatakan “Positif”. Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-learning, Moodle, R&D

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sains > Robotika > Multimedia, Simulasi Digital, Game
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Informatika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:09
Last Modified: 24 Feb 2021 08:09
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4359

Actions (login required)

View Item View Item