EFEKTIFITAS MEDIA KOMIK LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV MI NW NO. 4 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SOHARIAH, SOHARIAH (2019) EFEKTIFITAS MEDIA KOMIK LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV MI NW NO. 4 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI oke.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengetahui efektifitas keterampilan membaca melalui media komik lokal pada siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI NW No.4 Pancor. Instrumen pengumpulan data yang digunakan tes hasil jawab soal. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kuantitatif. Teknik analisis data yang dignakan adalah ekspert judment ini menggunakan selaka lima untuk analisis validasi. Hasil validasi instrumen dari ahli instrumen menunjukkan kualifikasi “sangat baik” nilai ahli diperoleh keseluruhannya 66 dengan rata-rata 4,4. Tes akhir hasil belajar siswa menunjukkan terdapat kesismpulan bahwa keterampilan membaca cerita siswa tergolong sedang yakni pada nilai pretest 13 siswa tergolong berkemampuan sedang, sedangkan pada posttest 13 siswa yang tergong berkemampuan sedang, namun nilai rata-rata berbeda yaknik pretest 63 dan posttest 79. Sehingga berdasarkan tabel konversi nilai, bahwa respon siswa terhadap media komik lokal keterampilan siswa sudah cukup baik. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca siswa melalui media komik lokal pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MI NW No. 4 Pancor tergolong sedang. Kata kunci: Keterampilan Membaca, Media Komik Lokal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:24
Last Modified: 03 Mar 2021 04:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4452

Actions (login required)

View Item View Item