PENGEMBANGAN BUKU SAKU LITERASI MITIGASI GEMPA BUMI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SUBAEDAH, SUBAEDAH (2019) PENGEMBANGAN BUKU SAKU LITERASI MITIGASI GEMPA BUMI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI OK_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan buku saku literasi mitigasi gempa bumi untuk siswa sekolah dasar di SDN 4 Masbagik Selatan tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Thiagarajan, Semmel & Semmel yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian, perencanaan, pengmbangan, dan penyebaran. Hasil pengembangan dapat dikatakan “layak” untuk digunakan apabila telah memenuhi kriteria tingkat kelayakan dari hasil validasi dan uji coba lapangan yang berada pada kategori minimal “cukup setuju”. Adapun hasil skor validasi dari ahli media yaitu 61 yang berada pada kategori “ setuju” dan hasil skor validasi dari ahli materi adalah 53 yang berada pada kategori “setuju”. Sedangkan untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap buku saku hasil pengembangan dilakukan uji coba lapangan dengan subjek uji coba yaitu siswa kelas IV/A SDN 4 Masbagik Selatan yang berjumlah 19 orang. Hasil skor dari uji coba lapangan yang dilakukan adalah 900 yang berada pada kategori “sangat setuju”. Sehingga berdasarkan dari ketentuan tingkat kelayakan buku hasil pengembangan dapat dikatakan “layak” untuk digunakan sebagai buku pegangan siswa untuk dapat siap siaga menghadapi bencana gempa bumi. Kata Kunci: Buku Saku, Literasi, Mitigasi Gempa Bumi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:47
Last Modified: 04 Mar 2021 03:47
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4482

Actions (login required)

View Item View Item