IMPLEMENTASI METODE SAKAMOTO MATH TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V SDN 01 AIKMEL UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MAILANI, LENA (2017) IMPLEMENTASI METODE SAKAMOTO MATH TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V SDN 01 AIKMEL UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lena Mailani (2017). Implementasi Metode Sakamoto Math Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V SDN 01 Aikmel Utara Tahun Pelajran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), UNIVERSITAS HAMZANWADI. Pembimbing 1 Dr. Aswasulasikin, M.Pd. Pembimbing II Rifa’atul Mahmudah, M.Pd. Kata Kunci: sakamoto math. soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Metode Sakamoto Math Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V SDN 01 Aikmel Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Desain penelitiannya menggunakan Pre-Experimental Designs (Nondesign), One-Group Pre-Test-Post-Test Designs. Subjek penelitian berjumlah 20 orang siswa dengan 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat berupa uji normalitas dan linearitas yang bertujuan untuk mengetahui normal atau tidaknya data dan linear atau tidaknya suatu data. Selain itu teknik yang digunakan yaitu uji hipotesis dengan menggunakan analisis statistik regresi linear sederhana. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan (pre-test) adalah 45,4. Setelah diberikan perlakuan (post-test) nilai rata-ratanya adalah 82,4, sedangkan koefisien determinasi R2 sebesar 42,0% artinya bahwa metode pembelajaran sakamoto math berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran sakamoto math berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SDN 01 Aikmel Utara Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:10
Last Modified: 04 Mar 2021 04:10
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4484

Actions (login required)

View Item View Item