PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMEN EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN EKONOMI

Muh. Fahrurrozi, ozi and Siti Nur Laili Rahmawati, Rahmawati (2021) PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMEN EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN EKONOMI. JURNAL PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8 (1).

[img] Text
22. PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMEN EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan instrumen evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot dan efektivitas terhadap penggunaan instrumen evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model desain penelitian menggunakan ADDIE yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase akhir sebesar 83% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan pesentase akhir sebesar 86% dengan kriteria sangat layak. Pada penilaian peserta didik memperoleh persentase akhir sebesar 82% dengan kriteria sangat baik. Pada hasil tes peserta didik mendapatkan rata-rata 80%. Validitas dari hasil uji coba diperolah 14 soal yang valid dan 16 soal tidak valid, reliabilitas yang diperoleh pada soal pilihan ganda sebesar 0,77 dengan kategori reliabilitas tinggi dan pada 5 soal true or false memperoleh 0,28 dengan kategori reliabilitas rendah.

Item Type: Article
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Depositing User: Dr. Muh. Fahrurrozi, S.E., M.M.
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:01
Last Modified: 23 Nov 2021 03:01
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4736

Actions (login required)

View Item View Item