TURNITIN-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SDN 1 SETANGGOR SELATAN

Syifaiyah, Syifaiyah and Nahdi, Khirjan and Mohzana,, Mohzana (2022) TURNITIN-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SDN 1 SETANGGOR SELATAN. Jurnal Ilmu Pendidikan, 03. ISSN 2008-8298

[img] Text
TURNITI-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar Model Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SDN 1 Setanggor Selatan Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan bahan ajar berupa modul untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat mind mapping, (2) menghasilkan modul yang layak untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat mind mapping, dan (3) menghasilkan modul yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat mind mapping. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Dick & Carey (2009:6-8). Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas lima prosedur pengembangan, yang meliputi (a) Tahap Analisis Kebutuhan, (b) Tahap Desain Produk (c) Tahap, (d) Validasi dan Evaluasi (e) Tahap Produk Akhir. Uji coba produk terdiri dari uji alpha yang dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta uji beta yang dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji beta 1 (uji coba kelompok kecil) kepada 6 siswa kelas VI dan uji beta 2 (uji coba kelompok besar) pada 26 siswa kelas VI. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media, angket respon siswa. Penelitian ini (1) menghasilkan bahan ajar berupa modul yang dilengkapi petunjuk penggunaan sebagai sumber belajar pendukung pembelajaran bahasa Indonesia, (2) produk yang dihasilkan dinilai sangat layak untuk meningkatkan kemampuan siswa membuat mind mapping berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan subyek uji coba, dan (3) produk yang dihasilkan efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat mind mapping, terbukti dengan nilai rata-rata pretest sebesar 22,65 meningkat pada posttest sebesar 74,23 dengan nilai gain skor 0,71. Kata Kunci: bahan ajar, mind mapping, siswa kelas VI .

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Depositing User: Mohzana Drs.Mohzana
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:53
Last Modified: 21 Nov 2022 04:53
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5016

Actions (login required)

View Item View Item