PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPA SISWA KELAAS IV SDN 7 APITAIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

YULIANTI, ISMA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPA SISWA KELAAS IV SDN 7 APITAIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan permainan tradisiona jamur terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 7 Apitaik Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan posstest prittest Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Penelitian ini melibatkan dua sekolah yakni sekolah SDN 7 Apitaik sebagai kelas Eksperimen dan SDN 5 Apitaik sebagai kelas kontrol. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan tehnik Tes berbentuk soal pilihan ganda terhadap hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (8,285>2,776) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiri berbantuan perrmainan tradisional (jamur) terhadap hasil belajar siswa IPA siswa kelas IV SDN 7 Apitaik Tahun Pembelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Pembelajaran inquiry, berbantuan permainan tradisional (jamur), terhadap hasil belajar siswa IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:07
Last Modified: 12 Jan 2021 03:07
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3643

Actions (login required)

View Item View Item