YULIANTI, ISMA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPA SISWA KELAAS IV SDN 7 APITAIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan permainan tradisiona jamur terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 7 Apitaik Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan posstest prittest Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Penelitian ini melibatkan dua sekolah yakni sekolah SDN 7 Apitaik sebagai kelas Eksperimen dan SDN 5 Apitaik sebagai kelas kontrol. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan tehnik Tes berbentuk soal pilihan ganda terhadap hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (8,285>2,776) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiri berbantuan perrmainan tradisional (jamur) terhadap hasil belajar siswa IPA siswa kelas IV SDN 7 Apitaik Tahun Pembelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Pembelajaran inquiry, berbantuan permainan tradisional (jamur), terhadap hasil belajar siswa IPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 03:07 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 03:07 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3643 |
Actions (login required)
View Item |