PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS COGNITIVE LOAD THEORY TIPE WORKED EXAMPLE BERORIENTASI PADA HASIL BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

WILDAN HADI, HADI, WILDAN (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS COGNITIVE LOAD THEORY TIPE WORKED EXAMPLE BERORIENTASI PADA HASIL BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Wildan Hadi. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Cognitive Load Theory Tipe Worked Example Berorientasi Pada Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar Matematika Berbasis Cognitive Load Theory tipe Worked Example Berorientasi pada Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, karena memiliki tahapan yang sederhana namun jelas dan mudah dipahami. Model ini terdiri dari lima tahapan utama, yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) Lembar validasi RPP, (2) Lembar validasi Modul Ahli Materi, (3) Lembar validasi Modul Ahli Media, (4) Lembar validasi LKPD (5) Lembar validasi THB, (6) Lembar penilaian kepraktisan Bahan Ajar, (7) Lembar penilaian respon siswa, (8) Lembar observasi aktivitas guru, (9) Lembar observasi aktivitas siswa, (10) Tes hasil belajar (THB).. Melalui proses pengembangan telah dihasilkan: (1) Bahan Ajar Matematika Berbasis Cognitive Load Theory tipe Worked Example dan (2) instrumen penelitian. Uji coba dilakukan pada kelas VII B SMP Negeri 3 Keruak. Berdasarkan analisis uji coba menunjukkan bahwa Bahan Ajar Matematika Berbasis Cognitive Load Theory tipe Worked Example memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan RPP dan LKPD yang memenuhi kriteria sangat valid dengan perolehan skor total aktual 158 dari skor maksimal 180 dan 282 dari skor maksimal 345. Dan hasil analisis kevalidan Modul ahli materi dan media yang memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor total aktual 174 dari skor maksimal 230 dan 135 dari skor maksimal 170 . Kriteria kepraktisan terlihat dari hasil analisis penilaian guru dan hasil analisis respon siswa yang memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian guru dengan perolehan skor total aktual 102 dari skor maksimal 120 dan telah mencapai kriteria praktis berdasarkan respon siswa dengan persentase 79.71% dari standar ≥ 75%. Kriteria keefektifan terlihat dari hasil analisis tes hasil belajar siswa dimana hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata skor nilai 74.22 atau berada di atas KKM 65 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 78.26% dari standar 75%. Kata kunci: Bahan Ajar Matematika, Cognitive Load Theory Tipe Worked Example, Hasil Belajar, Kepercayaan Diri Siswa

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 15 Jul 2023 04:02
Last Modified: 15 Jul 2023 04:02
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item View Item