PENGEMBANGAN CERITA BERGAMBAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEBAGAI PENUNJANG LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR

NIRMALA RAHMAH, NIRMALA RAHMAH (2023) PENGEMBANGAN CERITA BERGAMBAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEBAGAI PENUNJANG LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (476kB)
[img] Text (Proposal)
BAB 1- BAB 3.pdf

Download (791kB)
[img] Text (Thesis)
SKRIPSI_NIRMALA RAHMAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK NIRMALA RAHMAH (2023), Pengembangan Cerita Bergambar Berbasis Etnomatematika Sebagai Penunjang Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan cerita bergambar berbasis etnomatematika sebagai penunjang literasi dan numerasi di sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan desain penelitian pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis (analisys), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV dengan jumlah siswa 25 peserta didik. Instrument penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi ahli materi lembar validasi ahli media dan angket respon peserta didik. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 83 berada pada rentang skor X > 82, 8 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji validasi ahli media dengan jumlah skor sebesar 65 berada pada rentang skor X > 63 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil dari angket respon peserta didik yang dilakukan pada saat uji coba lapangan memperoleh skor 1530 dengan rata-rata sebesar 61,2. Hal ini menunjukkkan bahwa respon peserta didik baik terhadap penggunaan cerita bergambar berbasis etnomatematika dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 4 Menceh kec. Sakra Timur. Kata Kunci: Pengembangan Cerita Bergambar, Etnomatematika, Literasi & Numeras

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:14
Last Modified: 08 Jan 2024 02:14
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5345

Actions (login required)

View Item View Item