PENGARUH METODE READING GUIDE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III SDN KEMIRI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

NITA AULINA, NITA AULINA (2023) PENGARUH METODE READING GUIDE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III SDN KEMIRI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK NITA AULINA.pdf - Submitted Version

Download (243kB)
[img] Text (PROPOSAL)
BAB I -III.pdf - Submitted Version

Download (528kB)
[img] Text (THESIS)
SKRIPSI NITA AULINA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nita Aulina, 2022: Pengaruh Metode Reading Guide Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas III SDN Kemiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruhmetode reading guide terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas III SDN Kemiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one grup pretest posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas III dengan jumlah 18 orang siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling purposive. Teknik untuk mengumpulkan data yaitu dengan tes performancemembaca permulaan. Untuk mengetahui kemampuan membaca siswa yang dinilai menggunakan rubrik penilaian berdasarkan indikator-indikator membaca permulaanUji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan rumus chi-kuadrat dan uji hipotesis dengan rumus uji-t sparated varians dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwametode reading guideberpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas III SDN Kemiri. Hal tersebut dibuktikan dengan skor rata-rata pretest yaitu 62,83 kemudian setelah diberikan perlakuan oleh peneliti terjadi peningkatan yang bisa dibuktikan dengan skor rata-rata posttest yaitu 73,22. Selain itu pada penelitian ini juga disesuaikan dengan hipotesis hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan uji-t menggunakan taraf signifikan 5% dengan hasil = 5,468 dan = 1,691 hal ini menunjukkan bahwa > . Kata kunci: Metode Reading Guide, Membaca Permulaan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:33
Last Modified: 08 Jan 2024 02:33
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5358

Actions (login required)

View Item View Item