PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SEKAROH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nora Intan Kaswari,, Nora Intan Kaswari, (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SEKAROH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRAK NORA INTAN.pdf - Submitted Version

Download (249kB)
[img] Text
BAB I - III.pdf - Submitted Version

Download (666kB)
[img] Text
NORA INTAN KASWARI (SKRIPSI).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nora Intan Kaswari, (2023). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sekaroh Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sekaroh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 1 Sekaroh dari kelas 1 sampai kelas 6. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 16 orang. Sampel ditentukan dengan random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. uji persyaratan analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas data dengan uji Kolmogorov-Sminov, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Pada kelas 5 untuk hasil nilai pretest terdapat nilai tertinggi sebesar 40 dan nilai terendah sebesar 8 dengan rata-rata 23,25. Sedangkan pada posttest terdapat nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 75 dengan nilai rata-rata 83,43. Dalam uji hipotesis di kelas 5 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sekaroh diterima. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Explicit Instruction

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:54
Last Modified: 08 Jan 2024 02:55
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item View Item