Nora Intan Kaswari,, Nora Intan Kaswari, (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SEKAROH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
ABSTRAK NORA INTAN.pdf - Submitted Version Download (249kB) |
|
Text
BAB I - III.pdf - Submitted Version Download (666kB) |
|
Text
NORA INTAN KASWARI (SKRIPSI).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nora Intan Kaswari, (2023). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sekaroh Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sekaroh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 1 Sekaroh dari kelas 1 sampai kelas 6. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 16 orang. Sampel ditentukan dengan random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. uji persyaratan analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas data dengan uji Kolmogorov-Sminov, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Pada kelas 5 untuk hasil nilai pretest terdapat nilai tertinggi sebesar 40 dan nilai terendah sebesar 8 dengan rata-rata 23,25. Sedangkan pada posttest terdapat nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 75 dengan nilai rata-rata 83,43. Dalam uji hipotesis di kelas 5 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sekaroh diterima. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Explicit Instruction
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:54 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:55 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5363 |
Actions (login required)
View Item |