DAMPAK SOSIAL BROKEN HOME DALAM MEMBENTUK SELF CONTROL SISWA DI SD (Kasus di Daerah Wisata Tetebatu Kecamatan Sikur)

BAIQ YONASARI, YONASARI, BAIQ (2023) DAMPAK SOSIAL BROKEN HOME DALAM MEMBENTUK SELF CONTROL SISWA DI SD (Kasus di Daerah Wisata Tetebatu Kecamatan Sikur). undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
CamScanner 06-09-2023 12.10.pdf

Download (75kB)
[img] Text
bab 1 smpai 3.pdf

Download (427kB)
[img] Text
skripsi yona 30-08.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak sosial broken home bagi siswa dan bagimana upaya guru dalam membentuk self control siswa yang berasal dari keluarga broken home. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian yaitu kepala sekoolah, guru kelas III, guru kelas IV, guru kelas V, siswa, orang tua. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teriangulasi atau pengecekan data dari berbagai sumber. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa siswa yang berasal dari kelurga broken home cenderung menghadapi tantangan yang lebih besar dalam megembangkan self conrol di bangding dengan anak anak yang berkelurga utuh. Mereka sering menggalami perasaan cemas, kebingungan dan frustasi yang lebih tinggi yang dapat mempengaruhi perilaku mereka di sekolah. Selain itu penelitian ini menyoroti peran penting guru kelas dan bantuan oraang tua dalam membentuk self control yang lebih baik untuk mencapai kesuksesan akademik dan sosial siswa yang bersal dari keluarga broken home .

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:49
Last Modified: 08 Jan 2024 02:52
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item View Item